Ceramah Puasa Ramadhan Singkat 2015

Advertisement

Ceramah Puasa Ramadhan yang akan saya berikan ini adalah ceramah singkat yang nantinya bisa sobat gampang gunakan dan praktekan, mungkin ini cocok bagi sobat yang masih awal dalam dunia ceramah atau sobat yang sedang ditugaskan untuk mengisi ceramah saat puasa ramadhan 2015 ini. Pada sebelumnya saya juga telah membahas mengenai ucapan puasa ramadhan yang mungkin bisa berguna juga untuk sobat sekalian.

Ceramah Puasa Ramadhan 2015

Ceramah Singkat Puasa Ramadhan

Oke kita lanjutkan kepembahasan utama yaitu ceramah puasa ramadhan yang bisa sobat lihat dan simak baik-baik dibawah ini, dan saya berikan 2 contoh ceramah ramadhan.

Hikmah puasa ramadhan

Manusia diciptakan bukan untuk hidup sekehendaknya, bukan pula untuk makan, hura-hura, dan mencari kebebasan tanpa batas. Tujuan hidup manusia adalah untuk mendapatkan ridha Allah (mardhatillah), sebagaimana pernyataan Allah dalam QS. al-An`am [6]: 162
قل إن صلاتى ونسكى ومحياى ومماتى لله رب العالمين.
“Katakanlah,”Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah Tuhan Semesta Alam”.
Dalam mencari ridha Allah, manusia diwajibkan untuk menghambakan diri kepada-Nya dalam segala aktivitas yang dilakukannya. Tugas suci inilah yang disebut ibadah dalam pengertian umum dan sekaligus sebagai tujuan diciptakannya manusia. QS. adz-Dzariyat [51]: 56 menyebutkan:
وما خلقت الجن والإنس إلا ليعبدون
“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku”.
Dalam mengemban tugas pengabdian, manusia diberi peran oleh Allah swt. sebagai khalifah di muka bumi ini. Peran kekhalifahan ini dalam rangka memelihara, melestarikan dan memakmurkan jagad raya ini.
وَهُوَ الَّذِي جَعَلَكُمْ خَلَائِفَ الْأَرْضِ
“Dan Dialah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi”. QS. al-An`±m [6]: 165,

Ceramah puasa ramadhan

Hakikat manusia menurut al-Qur’an adalah makhluk ciptaan Allah yang memilki 2 (dua) dimensi; dimensi meterial dan dimensi spiritual. Dengan dimensi material (tanah), manusia dipengaruhi oleh kekuatan alam seperti makhluk-makhluk lain, sehingga ia butuh makan, minum, hubungan seksual, dan sebagainya.

Dimensi ini mengantar manusia ke alam kehidupan yang kurang bermakna, cenderung menjadi makhluk yang amat aniaya, ingkar nikmat, banyak membangkang, tidak sabar, dan bersifat keluh-kesah. Sebaliknya, dengan dimensi spiritual (roh) , manusia diantar untuk cenderung kepada keindahan, kebenaran, pengorbanan, kesetiaan, penghambaan kepada Allah, dan sebagainya. Dimensi ini membawa manusia kepada suatu realitas mengaktualkan posisinya sebagai `abid (hamba) dan khalifah menuju kepada Yang Maha Sempurna.

Dengan memenuhi kebutuhan hidup manusia berdasarkan pada kedua dimensi tersebut sesuai dengan petunjuk Ilahi, maka manusia akan menemukan hakikat kemanusiaannya.

Nah itulah contoh Ceramah Puasa Ramadhan Singkat yang telah saya berikan dan saya dapat dari beberapa sumber, dan mungkin cukup sekian dulu untuk artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi sobat semua yang sedang mencarinya..

Advertisement

Related: Ceramah Puasa Ramadhan Singkat 2015

0 Response to "Ceramah Puasa Ramadhan Singkat 2015"