Resep dan Cara Membuat Ketupat Untuk Lebaran

Advertisement

Resep dan Cara Membuat Ketupat - Gimana nih untuk sobat semua apa sudah siap menghadapi inful fitri di tahun 2013 ini? setelah menahan haus dan lapar satu bulan lama nya dan akhirnya hari yang fitri itu akan segera tiba, banyak sekali hal-hal yang memang tidak bisa kita lupakan di hari raya, salah satu nya adalah dengan makanan khas nya yaitu ketupat, hampir disetiap daerah selalu menyediakan ketupat yang memang ciri khas tersendiri.

Nah kali ini admin akan memberikan resep dan cara membuat ketupat yang mungkin untuk sobat yang belum tahu cara nya, gimana pengen tahu bagaimana cara membuat ketupat ini? kalau begitu mari kita lihat bagaimana cara membuat nya yang bisa sobat lihat dibawah ini

Bahan Membuat Ketupat

- Sebelum melangkah lebih jauh sebaik nya sobat pelajari dulu nih anyaman membuat ketupat nya yang bisa dilihat gambarnya dibawah ini
Resep dan Cara Membuat Ketupat
Sediakan :
- Beras, cuci sampai bersih dan tiriskan
- Bungkus/Anyaman ketupat yang masih kosong
- Air secukupnya

Cara Membuat Ketupat Lebaran

1. Beras yang sudah Anda cuci direndam di air selamat kurang lebih 3 jam. Kemudian tiriskan dan campurkan dengan sedikit kapur sirih. Kapur sirih digunakan untuk membantu proses pemadatan.

2. Masukkan beras ke dalam bungkus/anyaman ketupat. Porsi beras tidak lebih dari 2/3 bagian isi.

3. Didihkan air, kemudian masukkan ketupat yang sudah diisi beras tadi. Rebus kurang lebih selama 4 sampai 5 jam sampai matang. Dan pastikan ketupat selalu terendam. Anda bisa menambahkan air panas jika ketupat tidak terendam.

4. Angkat, kemudian siram dengan air matang dingin agar kulit ketupat tetap bersih, tiriskan dengan digantung hingga kering.

Memang membuat ketupan ini susah-susah gampang, tapi jika sobat terus belajar nanti juga lama kelamaan akan terbiyasa untuk membuat nya. Mungkin cukup sekian dulu artikel Resep dan Cara Membuat Ketupat kali ini, sampai jumpa lagi diartikel selanjutnya semoga bisa bermanfaat.

Advertisement

Related: Resep dan Cara Membuat Ketupat Untuk Lebaran

0 Response to "Resep dan Cara Membuat Ketupat Untuk Lebaran"